ads here

Tips Penempatan Furniture Kantor yang Tepat

advertise here
Tips Penempatan Furniture Kantor yang Tepat. Bagi para pekerja kantoran, ruang kerja di kantor adalah ruang dimana para pekerja akan menghabiskan sebagian besar waktunya. Tatanan interior akan sangat mempengaruhi suasana di kantor. Pemilihan dan tata letak furniture dalam kantor yang tepat dapat menumbuhkan semangat dalam bekerja. Furniture kantor atau bisa disebut dengan perabot kantor merupakan perabotan di kantor yang biasanya terbuat dari bahan yang awet seperti kayu dan baja yang dipergunakan untuk pekerjaan tata usaha. Meskipun demikian, kursi baja maupun kursi bahan kayu ada plus dan minusnya juga. Misalnya saja meskipun awet namun harganya juga berbanding lurus dengan kualitas yang dimilikinya.

Pengaturan furniture seperti ini tidaklah mudah, namun juga tidak terlalu sulit juga. Perencanaan yang baik sebelum membeli furniture akan membantu memudahkan pengaturan. Seperti halnya perabotan rumah, yang jika salah memilih ukuran perabot, maka ruang akan terasa sesak dan sempit. Melihat contoh referensi design di majalah atau di internet dapat membantu perencanaan yang matang.

Jika ruang kantor yang tersedia cukup luas, maka rancangan design interior tidak akan begitu rumit. Pemilihan sofa dan meja untuk tamu bahkan bisa diletakan dimana saja dan tidak perlu pusing untuk meletakan rak wadah file. Namun, lain cerita lagi kalau ruang kerja yang tersedia cukup sempit bahkan kecil. Menciptakan ruang kerja yang minimalis dan efisien dalam ruang yang kecil bukannya tidak mungkin, namun cukup membutuhkan ide yang kreatif.


Berikut ini merupakan tips dalam memilih dan menempatkan furniture kantor untuk ruang yang sempit dengan tepat:

  • Meja komputer sudut ialah pilihan tepat untuk ruang kerja yang berada di sudut. Perabot jenis ini dapat membantu memaksimalkan ruang yang tersedia dan menawarkan privacy lebih daripada jenis meja yang biasa berada di tengah ruang. 

  • Meja kerja berlaci bisa membantu menghemat tempat. Laci pada meja dapat membantu menyimpan benda-benda kecil seperti penjepit kertas, pin, stapler, isolatip, tipex, kertas-kertas, maupun dokumen-dokumen penting. 

  • Rak buku gantung juga bisa ditempelkan di dinding, di atas meja komputer. Rak buku seperti ini juga tidak akan memakan tempat. Selain untuk menyimpan buku, bisa juga untuk meletakkan vas bunga, foto keluarga tercinta, ataupun piagam penghargaan. 

  • Meja gantung di siku ruangan juga dapat menjadi pilihan tepat di ruang sempit. Meja model ini biasanya menggabungkan rak buku dengan meja yang di gantung di dinding sehingga bagian bawah ruangan terasa luas. Dan jika ada barang yang jatuh seperti pulpen atau isolatip, maka pengguna tidak akan kesulitan untuk mencari dan memungutnya. 

Pemilihan semua furniture kantor ini dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika budget yang tersedia tidak banyak, maka lakukanlah pengecekan di berbagai supplier kursi dan furniture terdekat dari lokasi Anda. Keawetan furniture juga tidak lepas dari kualitas. Kalau furniture baru yang berkualitas harganya mahal, membeli furniture bekas yang telah di upgrade lebih baik tentunya.