ads here

Inilah Deretan Jajanan Pasar yang Wajib Anda Coba

advertise here
Perkembangan jaman memang memberikan banyak perubahan, salah satunya adalah teknologi yang digunakan. Tidak terkecuali dalam hal kuliner, banyak sekali makanan jaman now yang diminati oleh masyarakat secara luas terutama anak-anak. Jika sudah seperti itu tentunya jajanan pasar semakin sulit untuk ditemukan dan dicari. Kepopuleran makanan tradisional yang khas mulai tergeser dengan sajian yang kurang sehat seperti sekarang ini atau lebih dikenal dengan junkfood. Apakah Anda salah satu orang yang merasakan perubahan besar tersebut? 

Hasil gambar untuk klepon
Meskipun pada dasarnya masih banyak sekali jajanan tradisional yang bisa Anda temukan di pelosok daerah. Bahkan saat ini banyak digunakan sebagai salah satu usaha yang sangat menjanjikan sekali, dari segi keuntungan dan lainnya. Nah, bagi Anda yang tidak terbiasa makan makanan kuno tersebut perlu merasakan beberapa jenis berikut ini:

Klepon.

Ini merupakan makanan khas yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan diberi warna hijau. Umumnya pada bagian tengah diberi isian gula merah yang setelah dibuka akan meleleh dimulut. Rasa manis dan gurih akan menyatu ketika Anda makan, meskipun sudah jarang dijual Anda tetap bisa menemukan di beberapa penjual.

Ondek-onde.

Masih dari jenis makanan bulat yang didalamnya berisi isian enak, kalau untuk onde-onde ini umumnya didalam berisi kacang hijau yang sudah dihaluskan. Rasa gurih, kering, manis dari setiap gigitan akan Anda rasakan. Seiring perkembangan jaman, jenis makanan tradisional ini semakin bervariasi lebih unik.

Nagasari.

Ada yang sudah mengenal jenis makanan satu ini? Ya, nagasari bukan Nagasaki yang merupakan jaman penjajahan. Ini merupakan makanan khas daerah yang terbuat dari tepung beras dan campuran santan lalu pisang. Pembuatannya sangat tradisional sekali, apalagi menggunakan daun pisang yang memberikan sensasi rasa nikmat.

Cenil.

Sekilas makanan satu ini mirip dengan klepon hanya saja ukurannya lebih kecil dan tidak berisi gula merah. Tetapi ternyata bahan pembuatannya juga berbeda, untuk jenis ini menggunakan tepung kanji, kelapa parut dan gula halus. Umumnya dipadukan bersama ketan, klepon dan beberapa kombinasi lainnya.

Kue putu.

Rasa gurih dan manis dari jenis makanan satu ini sangat menggoda sekali dan sangat sulit dilupakan. Mempunyai sajian yang menarik, manis, gurih dari kelapa akan Anda rasakan sangat nikmat ketika dimakan.

Selain diatas masih ada banyak sekali makanan khas daerah yang memang mempunyai kepopuleran cukup baik pada jamannya. Meskipun memang beberapa daerah masih mempertahankan tetapi tidak semudah jaman dahulu. Bagi Anda yang rindu jajanan pasar jaman dahulu saat ini harus mengolah sendiri untuk merasakan lebih puas. Itulah sedikit informasi mengenai jajanan tradisional, semoga dapat membuat Anda bernostalgia dan ingin merasakannya lagi.