ads here

Makna yang Terkandung Dalam Hari Ibu Di Indonesia

advertise here
Tanggal 22 Desember tepat pada hari ini semua orang pasti mengetahui bahwa tepat memperingati Hari Ibu. Di seluruh dunia pun merayakan hari kasih sayang terhadap ibunya meski ditanggal yang berbeda. Namun, Berbeda dengan di Indonesia, Hari Ibu dimaknai lebih dengan menyoroti peran perempuan dalam pembangunan bangsa. Pada tahun 1938 Kongres Perempuan Indonesia III memutuskan pada tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu, ketika hari itu ditetapkan para pencetus kongres pun tengah memperjuangkan kemerdekaan dan memperbaiki keadaan perempuan di Indonesia. Kabar tersebut pertama kali disuarakan dalam Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta.


Disaat yang sama, kongres pun memperjuangkan perbaikan gizi dan kesehatan untuk ibu dan anak balita, menghentikan pernikahan dini, serta menghentikan perdagangan perempuan dan anak. Selain itu, para pencetudnya pun mendorong adanya peningkatan pendidikan ekonomi serta peran perempuan dalam pembangunan. Hingga saat ini pun berita tersebut pun masih sangat relevan. Karena, Untuk merayakan Hari Ibu dengan cara yang terbaik adalah dengan selalu memastikan setiap perempuan mendapat perlindungan yang layak serta mendapatkan haknya.

Kita menaruh hormat kepada perempuan, kepada ibu, maka kita perlu mendukung setiap perbaikan posisi perempuan. Sementara itu, di Amerika Serikat dan beberapa negara Barat lainnya, Hari Ibu yang diperingati setiap bulan Mei, merupakan perayaan kasih sayang antara ibu dan anak-anaknya. Dalam perayaan tersebut, anak-anak akan memberikan hadiah untuk ibu mereka, baik dalam bentuk bunga, kartu, kado, atau perbuatan spesial lain untuk para ibu. Demikian pula di Inggris, Hari Ibu dikenal juga sebagai Mothering Sunday dan selalu jatuh pada minggu keempat bulan Maret. Apa pun latar belakangnya, peringatan Hari Ibu di banyak negara merupakan sebuah perayaan untuk menghormati jasa-jasa seorang ibu kepada anak-anaknya.

Selamat Hari Ibu untuk semua Ibu-Ibu hebat yang ada di Indonesia.....