ads here

5 Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Mobil Anda

advertise here
Kenyamanan dalam berkendara bisa didapatkan tak hanya dari segi jok atau kursi yang empuk saja, melainkan juga jika udara yang ada dalam mobil tersebut wangi dan bersih. Faktanya ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab udara menjadi bau. Bau ini sendiri umumnya bisa muncul karena berbagai macam faktor, misalnya adalah pada mobil baru yang memang keseluruhan komponennya masih belum dipakai asli dari pabrikan, sehingga membuatnya masih wangi asli dari kendaraan tersebut, ataupun mobil lama yang sudah sering digunakan juga bisa mengeluarkan aroma kurang sedap. 


Tentunya akan sangat menganggu kenyamanan di dalam mengemudi atau berkendara bukan, namun tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa diantara cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau pada kendaraan tersebut sehingga tak akan muncul kembali, diantaranya adalah: 

  1. Ketahui faktor penyebab baunya, ada banyak sekali sumber bau pada interior sebuah kendaraan, diantaranya bisa jadi karena karpet yang dipakai tersebut tidak pernah dicuci, terdapat beberapa jenis makanan yang dimasukkan kedalam mobil dan memiliki aroma menyengat maupun faktor kebersihan yang kurang terjaga. Sebaiknya Anda cari-cari terlebih dahulu sumber baunya. 
  2. Buka kaca jendela, cara paling mudah menghilangkan aroma kurang sedap dalam mobil adalah dengan membuka kaca jendelanya, karena dengan dibuka maka nantinya saluran udara bisa bekerja secara optimal untuk mengusir aroma yang kurang sedap pada kendaraan tersebut, sehingga membuat udara bersih masuk kedalam mobil. 
  3. Gunakan pengharum mobil, bahan lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir aroma kurang sedap adalah pengharum mobil, alat yang satu ini banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau, ada yang versinya digantung, namun juga ada yang disemprot, Anda bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing. 
  4. Rajin-rajinlah dalam membersihkan AC, alat yang satu ini memiliki fungsi penting tak hanya untuk membuat ruangan dalam mobil menjadi lebih dingin atau segar, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk membuat aroma di dalam kendaraan juga kian harum. Jika AC jarang dibersihkan secara otomatis aroma-aroma tertentu yang tidak enak akan terperangkap di dalamnya sehingga membuat mobil selalu berbau tidak sedap. 
  5. Bersihkan setiap interior dalam mobil tersebut, cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aroma kurang sedap adalah dengan membersihkan semua bagian dalam mobil tersebut, mulai dari lantai, kemudian juga jok, dashboard dan sebagainya, bisa jadi aroma kurang sedap disebabkan oleh interior yang kotor tersebut. 
Sangat mudah bukan, tak peduli apakah itu mobil baru atau lama, jika dibersihkan secara teratur tentunya interior tak akan berbau kurang sedap. Rajin-rajinlah juga mengganti sarung jok hingga karpet mobil tersebut, dua benda ini bisa menjadi penyebab bau mobil.