ads here

Ini Dia Beberapa Jenis Gunung Indah di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

advertise here
Saat memasuki hari libur, umumnya masyarakat akan pergi ke tempat wisata seperti pantai. Namun, bagi sebagian orang, berwisata atau berlibur tidak hanya ke pantai namun juga mendaki gunung. Di Indonesia yang terkenal memiliki bentangan alam yang indah memiliki banyak gunung bahkan pegunungan yang layak untuk di daki, dinikmati, diabadikan keindahannya dan dilestarikan. Berikut jajaran gunung terindah yang ada di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.


Pertama adalah Gunung Rinjani, Lombok, NTB. Gunung primadona dengan wisata tracking yang terbaik se-ASEAN ini memberikan pemandangan hamparan hijau yang indah. Gunung ini mempunyai padang sabana dengan bunga edelweis serta pemandangan sunrise yang akan memikat Anda. DI gunung ini terdapat danau di ketinggian 2.000 mpdl yang disebut dengan Danau Segara Anakan yang merupakan permata Gunung Rinjani. Uniknya, gunung ini juga memiliki Gunung Barujari yang ada di tengah Danau Segara Anak yang kerap disebut anaknya Gunung Rinjani.

Kedua adalah Gunung Semeru, Jawa Tengah. Gunung tertinggi di pulau Jawa ini menawarkan keindahan yang membuat para pendaki datang lagi dan lagi. Gunung yang termasuk sebagai salah satu gunung teramai ini memiliki maksimal kuota pendakian hanya sebanyak 500 pendaki sehingga pendaki lain harus mengantri di Ranu Pani. Gunung Semeru punya Ranu Kumbolo yang merupakan danau di ketinggian 2.400 mdpl, Tanjakan Cinta dan Oro-Oro Ombo yang ditumbuhi bunga Lavender.

Ketiga adalah Gunung Prau. Gunung di Dieng ini mempunyai puncak padang rumput yang luas. Anda bisa melihat barisan bukit yang disebut dengan bukit Teletubies, puncak gunung Sindoro dan Sumbing dan menawarkan keindahan sunrise yang disebut sebagai sunrise yang paling indah. Dengan ketinggian 2.565 mdpl, membuat gunung ini memungkinkan siapa saja menjadi pendaki melewati track yang tidak terlalu sulit untuk sampai di puncak.

Gunung indah lainnya yang ada di Indonesia yang akan membuat Anda ingin kembali lagi diantaranya adalah:
  • Gunung Merbabu di perbatasan Magelang, Boyolali dan Semarang dengan keindahan padang sabana. Gunung yang memiliki beberapa jalur pendakian ini memiliki jalur Selo yang terkenal memiliki pemandangan yang paling indah. Anda bisa menemukan bunga edelweis di sabana terakhir sebelum Anda mencapai puncak Merbabu dan di gunung ini terdapat 3 pincak yaitu Kenteng Songo, Syarif dan Trainggulasi.
  • Gunung Gede di Jawa Barat dengan pemadangan paling indah berada di Alun-alun Suryakencana (2.750 mdpl) yang ditumbuhi bunga edelweis.
  • Gunung Pangrango yang sama-sama berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini memiliki spot yang disebut Mandalawangi yang merupakan padang rumput dengan bunga edelweis.
  • Gunung Papandayan, Garut yang memiliki Tegal Alun yang merupakan spot terbaik untuk melihat bunga edelweis.
  • Gunung Bromo, Jawa Timur selain menawarkan gumul pasir yang sangat luas, Anda juga bisa melihat sunrise yang tiada duanya.